Tugas mini proyek Kelompok 4
Rhesya Nurvianty 16-029
Sri Ulfa 16-040
Nada Salsabila 16-043
Risti Devi
Mawarny 16-044
Muftyanti
Arishwandini 16-065
Shyntia E. Putri
Pasaribu 16-073
Angel Muliana
Tumanggor 16-074
Topik : Peran
Motivasi dalam proses belajar pada siswa SD dan pengaplikasian Learner Center
pada siswa
Judul : Peran metode Learner Center dan Motivasi
pada Anak Usia Sekolah Dasar
PERENCANAAN
Pendahuluan
Proses
belajar dan mengajar merupakan hal yang tidak asing lagi untuk di dengar.
Berbicara tentang belajar dan mengajar juga berbicara tentang sesuatu yang tak
pernah barakhir sejak manusia ada dan berkembang di muka bumi sampai akhir
hayat nanti. Oleh karena itu, sekolah merupakan sistem yang hidup dan bertugas
untuk memenuhi fungsi dasar pembelajaran bagi penerima utama (murid) dan juga
bagi orang lain yang mendukung proses pembelajaran (yang mencakup guru,
pegawai, orang tua, dan anggota komunitas lainnya).
Terlepas
akan hal tersebut, sistem pembelajaran di masa ini menganjurkan agar siswa
berperan lebih aktif dari pada guru dimana guru hanya berperan sebagai pemeberi
motivasi, atau yang kita kenal dengan learner-centered.
Prinsip learner-centered ini mendorong guru untuk membantu murid secara
aktif mengkonstruksi pemahaman murid, menentukan tujuan dan rencana, berpikir
mendalam dan kreatif, memantau pembelajaran murid, memecahkan pro-positif dan
mengontrol emosi, memotivasi diri sendiri, belajar sesuai dengan level
perkembangan, bekerja sama secara efektif dengan orang lain (termasuk orang
yang bebeda latar belakang), mengevaluasi preferensi murid dan memenuhi
standar. Selain program Learner-Centered perlu adanya Motivasi yang menjadi
proses pemberi semnagat, arah, dan kegigihan perilaku si muird. Dan motivasi
ini merupakan komponen utama dari prinsip Learner-centered., sehingga topik
yang kami ambil dalam observasi yang kami lakukan di Sekolah Dasar (SD) Yayasan
Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah ini adalah tentang “Metode pembelajaran
Learner-centered dan Perspektif dari Motivasi.”
Dengan
adanya kedua hal tersebut di dalam sistem pembelajaran di sekolah, akan sangat
membantu tumbuh kembangnya kreativitas si anak dan sangat berguna untuk proses
pembelajaran selanjutnya. Karena pada zaman yang modern ini, para anak di usia
sekolah sangat di tuntut untuk melakukan segalanya dengan lebih baik untuk
dapat bersaing dengan orang-orang di luar negaranya sendiri.
Objek
yang digunakan di dalam penelitian ini adalah murid kelas dua (2), tiga (3),
dan lima (5) SD Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah. Pada 3 kelas ini,
kami melakukan penelitian untuk mengetahui bagaiamana metode pembelajaran
dengan Learner-Centered di dalam ketiga kelas tersebut, dan sejauh mana
motivasi-motivasi yang dimiliki oleh setiap peserta didik di dalam ketiga kelas
tersebut.
LANDASAN TEORI
Pendidikan merupakan komponen penting dan juga
merupakan investasi jangka panjang bagi kehidupan seseorang. Pendidikan yang
berhasil akan menciptakan individu yang baik dan berguna bagi masyarakat,
sehingga pendidikan merupakan wadah yang baik untuk mencetak individu-individu
yang dapat diterima masyarakat.
Oleh karena itu, motivasi belajar sangat dibutuhkan
untuk membantu keberhasilan pendidikan bagi anak murid. Upaya guru dibutuhkan
untuk dapat meningkatkan minat siswa dalam hal belajar. Menurut buku Santrock, Motivasi merupakan proses yang memberi
semangat, arah dan kegigihan perilaku. Artinya, perilaku yang termotivasi
adalah perilaku yang penuh energi, terarah dan bertahan lama. Terdapat beberapa
perspektif tentang motivasi :
1. Perspektif
Behavioral
Perspektif behavioral menekankan pada imbalan dan
hukuman ekstrenal yang dinilai merupakan kunci dalam mengarahkan motivasi
murid. Insentif adalah peristiwa atau stimuli positif maupun negatif yang dapat
memotivasi perilaku murid. Bentuk insentif yang dapat dipakai oleh guru didalam
kelas adalah nilai yang baik, tanda bintang, ataupun pujian. Insentif lainnya
antara lain memberi penghargaan atau pengakuan pada murid.
2. Perspektif
Humanistis
Perspektif Humanistis menekankan pada kapasitas murid
untuk mengembangkan kepribadian, kebebasan untuk memilih nasib mereka.
Perspektif ini berkaitan dengan pandangan Abraham Maslow yaitu hierarki
kebutuhan. Teori Maslow ini menimbulkan diskusi tentang urutan motivasi dalam
kehidupan murid dan guru. Namun, tidak semua orang setuju dengan pandangan ini.
Misalnya, bagi beberapa murid kebutuhan kognitif mungkin lebih fundamental
ketimbang kebutuhan harga diri. Murid lain mungkin memenuhi kebutuhan kognitif
mereka walaupun mereka belum merasaan cinta dan rasa memiliki.
3. Persepektif
Kognitif
Menurut perspektif kognitif, pemikiran murid akan
memandu motivasi mereka. Minat ini berfokus kepada ide-ide seperti motivasi
internal murid untuk mencapai sesuatu, persepsi tentang sebab-sebab kesuksesan
dan kegagalan, dan keyakinan mereka bahwa mereka dapat memgontrol lingkungan
mereka secara efektif.
4. Perspektif
Sosial
Kebutuhan afiliasi atau keterhubungan adalah motif
untuk berhubungan dengan orang lain secara aman. Ini membutuhkan pembetukan,
pemeliharaan dan pemulihan hubungan personal yang sangat hangat dan akrab.
Kebutuhan afiliasi murid tercermin dalam motivasi mereka untuk menghabiskan
waktu dengan teman, kawan dekat, ketertarikan mereka dengan orangtua, dan
keinginan untuk menjalin hubungan positif dengan guru.
Terdapat beberapa strategi menurut perspektif kognitif
untuk meningkatkan motivasi murid untuk meraih sesuatu atau berprestasi. Ada
dua cara, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik
a.
Motivasi
Intrinstik merupakan motivasi internal dari dalam diri kita untuk melakukan
sesuatu demi tujuan sendiri
b.
Motivasi
Ekstrinsik adalah melakukan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu yang lain.
Motivasi ekstrinsik ini sering dipengaruhi oleh insentif ataupun hukuman.
Perencanaan dan Instruksi yang digunakan guru dalam
metode pembelajaran yang akan digunakannya didalam kelas juga merupakan aspek
yang penting dalam memberikan pembelajaran bagi siswa. Instruksi dan
perencanaan learned-center adalah pada siswa, bukan pada guru. Pendekatan ini
menekankan pembelajaran dan pelajar yang aktif dan reflektif. Prinsip ini
dinilai paling baik bagi beberapa ahli karena dapat memicu murid untuk lebih
aktif dan juga reflektif. Prinsip Learner center dikembangkan oleh American
Psychological Association dan dikembangkan dengan mengklasifikasikan beberapa
faktor, yaitu : kognitif dan metakognitif,
motivasi dan emosional, sosial dan developmental, dan faktor perbedaan
individu.
Berdasarkan teori-teori diatas, kelompok kami ingin
mengatahui motivasi apa sajakah dan apakah prinsip learner-centered itu
diterapkan di SD Shafiyyatul Amaliyyah.
Alat atau Bahan
·
Camera Handphone
·
Buku
·
Pulpen
Objek atau Subjek
Sampel
Penelitian: Siswa dan Guru
Yayasan Pendidikan Shafiyyatul Amaliyyah , dengan subjek penelitian adalah anak
SD yaitu kelas reguler 2 , 3 dan 5 ,
jumlah total yang di observasi 70 siswa dan 3 guru .
Jadwal
Pelaksanaan Penelitian:
Uraian
|
Maret
|
April
|
|
||||||||||||||
|
24
|
25
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
Diskusi
Pemilihan Topik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Diskusi
Pemilihan Judul dan Teori
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Menanyakan
kesediaan sekolah untuk diteliti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Observasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengolahan
Data
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Diskusi dengan
Dosen
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Diskusi
Kelompok
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Posting Blog
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tanggal 28 Maret : mendiskusikan pemilihan topik yang
akan diambil dalam observasi
Tanggal 24 Maret
: memilih judul untuk Penelitian
Tanggal 24 dan
25 Maret : menanyakan kesediaan sekolah untuk melakukan penelitian
Tanggal 05 April
: observasi mulai dilakukan
Tanggal 6-8
April : melakukan pengolahan data
data yang telah dikumpulkan untuk ditinjau dan di susun lebih lanjut
Tanggal 24 Maret : diskusi dengan dosen
Tanggal 24, 28
Maret
dan tanggal 1-5
April :
adalah diskusi kelompok mengenai waktu dan penyusunan observasi
tanggal 09 April
: memposting hasil observasi ke blog
PELAKSANAAN
Observasi dilakukan
pada tanggal 05 April 2017 pada hari Rabu, kelompok berangkat dari rumah masing
masing sekitar pukul tujuh dan berada di kampus jam 07.15 sampai 07.30 sebelum
berangkat menuju tempat observasi kami sudah lebih dahulu menyiapkan peralatan
yang diperlukan dalam observas.Kelompok tiba di sekolah pada pukul 08.00 wib.
karena kami sudah mengirimkan surat izin sebelumnya maka kami tidak perlu
menunggu waktu yang lama namun kami tetap harus meminta izin untuk masuk kelas
dan kami diberikan bet yang menyatakan bahwa kami adalah tamu. kelompok kami
beranggotakan tujuh orang yang kemudian dibagi lagi sebanyak 3 kelompok untuk
mengamati sampel sebanyak tiga kelas, dalam kelas 2 sebanyak dua orang, kelas 3
sebanyak tiga orang dan kelas 5 sebanyak dua orang.
Saat
sampai dikelas, kami diberikan izin untuk menjelaskan sedikit tujuan kedatangan
kami dan untuk menyapa para siswa setelah diizinkan kami pun mengamati keadaan
kelas, bagaimana proses belajar mengajar, perilaku murid dan interaksi timbal
balik antara murid dan guru. Kelompok yang mengobservasi kelas 2 dan 3 hanya
mengamati murid selama satu mata pelajaran saja, kurang
-2
orang ( Nada dan Sri Ulfa) mengobservasi peserta didik kelas 2
-3
orang ( Shyntia, Angel, dan Resya) mengobservasi peserta didik kelas 3
-2
orang (Muftyanti Arishwandini dan Risti) mengobservasi peserta didik kelsa 5
Pada kelas 5
saat itu mata pelajaran yang diuji adalah IPS sedangkan kelas 3 adalah seni
musik , setelah mengobservasi selama satu setengah jam (sampai bel istirahat)
kelompok pun pamit untuk menyudahi
kegiatan observasi di kelas itu dan mengucapkan terimakasi atas
ketersediaannya peserta didik dan pengajar , dan diakhiri dengan sesi foto
bersama sebagai dokumentasi penelitian.
PELAPORAN dan EVALUASI
Laporan
1.Jadwal
Kegiatan (Rabu, 05 April 2017)
07.15 - 07.30 : Bel pertama berbunyi , berbaris di depan ,
mengucapkan ikrar santri , membaca surah surah pendek
07.30 – 09.15 : sesi kelas pertama
09.15 - 09.45 : Sholat Dhuha dan istirahat
09.45- : sesi pelajaran kedua
2.
Sistematika Observasi
Kelompok
tiba di Yayasan Syafiatul Amaliah pada pukul 07.15 . dan kami membagi kelompok
untuk masuk ke 3 kelas , anak anak sudah
berada di ruang kelas dan membaca surah surah pendek . Kelas berkapasitas 23
orang namun yang hadir hanya 20 orang pada hari Rabu 05 April 2017 , masing
masing kelas dipimpin oleh seorang guru.
Dalam
hal motivasi pada murid ada beberapa tindakan yang membuat murid ter motivasi
selama pelajaran berlangsung
·
Perspektif
Behavioral
Dalam
suasana kelas tersebut pengajar melakukan metode kuis dengan imbalan nilai
setelah menyelesaikan materi tersebut , dan juga melakukan sesi kuis tanya
jawab dengan reward tambahan niali bagi siapa yang bisa menjawab pertanyaan
yang diajukan.
·
Dalam
perspektif Humanistik
Dalam
pengamatan tersebut sang pengajar mampu mendorong murid untuk berusaha menjawab
pertanyaan yang diajukan dan memberi kesempatan dan bantuan bagi murid yang
agak lama dalam memahami pelajaran untuk ikut menjawab pertanyaan sehingga
mereka akan berlomba lomba untuk mencoba menjawab pertanyaan tersebut.
·
faktor
kognitif dan Metakognitif
a. Sifat proses
pembelajaran: pelajar yang sukses adalah pelajar
yang aktif, punya tujuan, dan mampu mengatur diri sendiri dan juga mau
bertanggung jawab terhadap pembelajaran mereka sendiri.
Contoh:
Murid yang bernama Santika kelas 3 di YPSA ini adalah seorang murid yang sangat
aktif, dia dapat memainkan musik sendiri ketika disuruh dan belajar sendiri
untuk memainkan alat musik tersebut sampai bisa.
b. Tujuan proses
pembelajaran: Miss
Wiwik selalu mengulang apa yang diajarkannya kepada murid yang berkapasitas 21
orang tersebut, agar mereka semua bisa.
c. Konstruksi
pengetahuan: Pelajar yang sukses bisa menghubungkan informasi baru
dengan pengetahuan yang sudah dimilikinya dengan cara yang megandung makna
tertentu.
Contoh:
Sebelumnya Miss Wiwik sudah mengajarkan penggunaan not kepada murid di kelas 3
A, sehingga rata-rata mereka dapat belajar not dengan memainkan alat musik
pianika.
Dan ditemukan
pula bentuk bentuk motivasi yang terjadi selama pembelajaran pada murid murid,
yaitu :
a. Pengaruh motivasi
dan emosi terhadap pembelajaran
Contoh:
Setelah Miss Wiwik selalu menegur salah seorang murid secara terus-menerus,
sebut aja si B. Si B ini menjadi emosi , tampak dari sikap nya yang menekan
pianika tersebut dengan asal-asalan. Sehingga emosi si B yang digambarkan
dengan kemarahannya ini melemahkan proses pembelajarannya.
b. Motivasi
instrinsik untuk belajar.
Seperti
yang sudah diutarakan pada contoh sebelumnya, Santika adalah seorang murid yang
aktif, dan dia sangat berusaha keras untuk dapat mengetahui pembelajaran pada
hari itu. Tampak bahwasanya itu merupakan motivasi intrinsik dari dirinya,
karena dari hasil pengamatan dia sangat bersemangat pada mata pelajaran seni
tersebut. Hal ini merupakan salah satu contoh motivasi intrinsik dari murid
tersebut.
c. Efek motivasi
terhadap usaha.:
Miss Wiwik selalu memberikan semangat berupa
kata-kata “bagus” kepada setiap murid yang bisa memainkan alat musik pianika
dengan sendiri. Dalam hal ini, setiap usaha si anak diberikan reward
(penghargaan)
3. Untuk kelas 2 , metode peajaran yang
digunakan adalah metode ceramah , guru menerangkan secara lisan kepada siswa
tentang apa yang akan dipelajari untuk mencapai tujuan agar siswa cepat
mengerti. Dengan ceramah guru dapat mendorong timbulnya inspirasi bagi siswa
nya.
Dalam segi
perspektif motivasi sebagai berikut :
·
Perspektif
Behavioral
Di dalam kelas pengajar memberikan
latihan soal berbentuk kuis pada siswa dengan imbalan jika dapat menjawab
dengan benar makan akan diberi reward berbentuk bintang dibukunya.
Dapat kita amati di sini pengajar
memberikan latihan soal dengan siswa dan mereka sangat antusias mendengarkan
arahan dari guru. Bagi siswa yang dapat menjawab nya dengan tepat diberikan
reward, ini akan membuat efek postif bagi siswa lainnya dan akan menumbuhkan
motivasi untuk mencoba menjawab nya juga.
Di sini mereka dapat lebih dekat dengan pengajar
karena sering adanya komunikasi dan hubungan yang baik antara pengajar dan
siswa. Karena bagi siswa guru itu adalah orangtua kedua setelah ibu dan ayah mereka
di rumah.
Evaluasi
Tugas
ini seharusnya sudah di mulai pada bulan maret, tetapi karena adanya beberapa
halangan seperti begitu banyaknya tugas kuliah, dan beberapa kegiatan lainnya,
hingga kurangnya waktu untuk berdiskusi dengan kelompok, maka tugas ini pun
sempat tertunda. Akhirnya sebelum UTS pada tgl 8 April kelompok baru memiliki
waktu untuk menyelesaikan tugas ini.
Perencanaan
awal yang sudah dilakukan cukup sempurna
dan terstruktur, tetapi dalam pelaksanaannya terjadi beberapa kendala. Misalnya
observasi diharapkan dapat di mulai pada bulan maret, tetapi pemimpin Yayasan
pendidikan Shofiyatul Amaliyah baru memberikan izin pada tgl 4 April. Pada
hari-H nya pihak sekolah memberikan waktu kepada kami untuk memasuki kelas
dengan waktu 15-30 menit, walaupun kami berhasil memaksimalkan waktu menjadi
sekitar satu jam . Secara keseluruhan, tugas observasi ini telah berjalan
dengan lancar meskipun terdapat beberapa kendala dan hambatan dalam
pelaksanaannya.
Daftar
Pustaka
Santrock, J.W. 2004. Psikologi Pendidikan (Edisi
Kedua). Prenada Media Group.
POSTER
TESTIMONI
Shyntia
(16-073) : Tugas observasi tentang leraner-centered dan motivasi untuk anak SD
ini merupakan suatu pengalaman baru bagi saya. Dan saya sangat senang melakukan
observasi ini ,karena dapat melihat bagaimana proses belajar dan mengajar pada
anak-anak di pendidikan sekolah dasar dimana murid-murid yang di observasi
masih sangat lucu dan imut. yah, meski ujung-ujungnya akan mengerjakan laporan
observasi sih. heheh. Tapi tidak mengapa, karena hal ini akan menambah wawasan bagi saya sendiri
tentang bagaimana cara menyusun laporan hasil observasi.
Angel Muliana Tumanggor (161301074) :
Sebenarnya
saya sudah sering melihat bagaimana keadaan siswa-siswi sekolah dasar tetapi pada
observasi kali inilah saya baru mengerti bagaimana interaksi tersebut terjadi,
motivasi apa yang ada dalam siswa-siswi dan bagaimana proses belajar mengajar
siswa-siswi Sekolah Dasar Yayasan Pendidikan Syafiyyatul Amaliyyah. Cukup
banyak kendala yang kelompok kami alami namun akhirnya kami dapat melaksanakan
observasi ini dengan baik dan lancar. Menurut saya melalui mata kuliah
psikoloogi pendidikan ini banyak ilmu yang bisa didapat, pengetahuan yang
bertambah membuat saya jadi memahami banyak hal tentang perilaku seorang siswa
dan tentu saja menambah pengalaman saya J
Rhesya N. (16-029):
Menurut saya, tugas observasi ini memberikan saya lebih banyak ilmu dan
memudahkan saya untuk lebih memahami pengaplikasian teori-teori psikologi
pendidikan dalam dunia pendidikan, terutama dalam hal pengajaran dan
pembelajaran.
Risti Devi Mawarny (16-044) : dalam hal ini
melakukan sebuah observasi adalah hal yang baru bagi saya , awalnya sedikit
cemas apakah kami bisa melakukan observasi ini dengan baik mengingat ada
masalah pada surat izin yang memakan waktu sedikit lama juga dari pihak sekolah
yang memberikan kepastian yang cukup lama, dimana kelompk lain sudah mulai
observasi dan kami belum , namun begitu di hari H saya semakin bersemangat
untuk mencoba hal baru ini , dan ini sungguh menyenangkan walaupun sedikit
ribet diawal dan akhir , namun ini menambah ilmu bagi saya.
Sri Ulfa
(16-040)
Menurut
saya tugas observasi ini sangat berguna bagi saya karena dapat menambah wawasan saya dan juga pengalaman
saya. Pengalaman bisa bercengkrama dan berinteraksi langsung dengan anak-anak
SD di YPSA, dan juga bisa bermain bersama mereka. Dan dapat mempermudah saya
untuk lebih mengetahui pengaplikasian teori psikologi pendidikan di dunia
pendidikan.
Muftyanti Arishwandini (16-065)
Menurut saya tugas observasi
ini merupakn tugas yangg seru dan menarik. Dimana dalam pelaksanaan tugas ini
kami mendapat tantangan yang cukup berat, mulai dari survey ke sekolah untuk
menyakan ketersediaan sekolah, mengurus surat izin sampai dengan melakukan
observasi. Ketika surat izin telah diterima, kami juga mengalami sediikt cekcok
dalam menentukan judul observasi dan landasan teori observasi. Namun semua
peristwa tersebut mengajarkan kami untuk tetap bekerjasama, mengendalikan ego
satu sma lain dan menjalin kerjasama lebih baik lagi. Tugas ini merupakan tugas
pertama bagi kami yang berhubungan dengan lingkungan luar. Dalam tugas ini kami
mendapatkan banyak pelajaran, seperti menjalin hubungan dengan kepala sekolajh
dan staff pengajar dan juga menjalin kerjasama dengan objek penelitian.
Pengalaman ini merupakan pengalaman menarik yang membuat kami mampu
mengaplikasikan secara langusng materi psikologi pendidikan yang sudah kami
pelajari.
0 komentar:
Posting Komentar