Rabu, 05 April 2017

Resume Psikologi Pendidikan 1

                            PEMBELAJARAN
 Apa itu Pembelajaran ?
            Pembelajaran ( learning) adalah perubahan perilaku yang relative permanen yang dibentuk melalui pengalaman namun tidak semua perubahan perilaku merupakan hasil belajar, perubahan perilaku karena obat, kelelahan dan luka bukan hasil dari pembelajaran.

 Pendekatan untuk Pembelajaran
1.       1.Pendekatan Behavioral
Pandangan yang menyatakan bahwa perilaku di jelaskan tanpa melihat pikiran dan perasaan (proses mental) namun melalui pengalaman yang dapat diamati secara langsung.
Contohnya : dua orang yang saling bertatapan sambil tersenyum, seorang ibu yang memarahi anaknya, kumpulan orang yang sedang berolahraga dan lain sebagainya.
Dalam pendekatan behavioral ini ada dua pandangan yaitu pengkondisian klasik dan pengkondisian operan yang disebut pembelajaran asosiatif (associative learning) yaitu pembelajaran bahwa ada dua kejadian yang saling berhubungan. Misalnya, guru memuji seorang murid saat ia bisa mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan baik.

v       Pengkondisian Klasik (Classical Conditioning)
Dikenalkan oleh seorang psikolog Rusia yaitu Ivan Pavlov pada 1927 yang tertarik pada cara tubuh dalam mencerna makanan sehingga, ia melakukan sebuah eksperimen dengan meletakkan bubur daging didepan mulut anjing, yang menyebabkan anjing mengeluarkan saliva. Pavlov menyadari bahwa anjing itu merespons sejumlah stimulus yang digabungkan (diasosiakan) terhadap penglihatan dan suara dengan makanan, seperti suara bel yang dibunyikan sebelum makanan diberi, orang yang membawa makanan dan saat anjing melihat piring berisi makanan.
Menurut pengkondisian klasik , belajar adalah organisme yang mengasosiasikan stimulus netral dengan stimulus alami untuk mendapatkan target perilaku. Dalam pengkondisian klasik ini terdapat dua tipe stimuli dan dua tipe respons yaitu:
1). Unconditioned stimulus (UCS) adalah stimulus alami yang ada tanpa pembelajaran lebih dulu.
2). Unconditioned respons (UCR) adalah respons yang secara otomatis dihasilkan oleh unconditioned stimulus dan tidak dipelajari lebih dahulu.
3). Conditioned stimulus (CS) adalah stimulus netral yang menghasilkan conditioned Respons setelah diasosiasikan dengan unconditioned stimulus.
4). Conditioned respons (CR) adalah respons yang dipelajari atau target perilaku karena adanya stimulus yang terkondisikan yang muncul akibat asosiasi dari unconditioned stimulus dan conditioned stimulus.
Pengkondisian klasik ini berperan dalam memahami issue phobia (ketakutan) dan hasil belajar pengkondisian klasik ini juga dapat dihilangkan dengan teknik.

v         Pengkondisian Operan (Operan Conditioning)
Menurut pengkondisian operan atau dinamakan juga dengan pengkondisian instrumental, belajar adalah konsekuensi perilaku yang menyebabkan perubahan perilaku dalam hal probabilitas pengulangan perilaku tersebut.
Tokoh yang berperan dalam pandangan pengkondisian operan ini adalah Thorndike (1906) dan Skinner (1938).
Dalam pengkondisian operan ada 2 penguatan yaitu :
1)      Penguatan Positif adalah konsekuensi yang diberikan mengarah kepada peningkatan perilaku misalnya murid yang bisa menjawab pertanyaan di berikan hadiah (reward) oleh gurunya
2)      Penguatan Negatif adalah konsekuensi yang diberikan untuk mengalihkan perilaku yang merugikan misalnya seorang ibu yang memarahi anak nya agar mau pergi ke Sekolah
3)      Hukuman (Punishment) adalah konsekuensi yang diberikan untuk menurunkan frekuensi pengulangan perilaku.
Ada dua jenis hukuman :
-          Hukuman positif , kadang-kadang disebut sebagai hukuman oleh aplikasi , melibatkan presentasi dari suatu peristiwa yang tidak menguntungkan atau hasil untuk melemahkan respon  .
-          Hukuman negatif , juga dikenal sebagai hukuman penghapusan , terjadi ketika sebuah peristiwa yang menguntungkan atau hasil dihapus setelah perilaku terjadi .
2       2. Pendekatan Kognitif
Menurut Pendekatan Kognitif belajar adalah proses mental yang aktif untuk memperoleh , mengingat, dan menggunakan pengetahuan.
Ada 4 pendekatan kognitif utama untuk pembelajaran, yaitu :
-          Kognitif sosial menekankan bagaimana faktor perilaku, lingkungan dan orang saling berinteraksi mempengaruhi proses pembelajaran
-          Pemrosesan Informasi Kognitif menitikberatkan pada bagaimana seeorang memproses informasi melalui perhatian, ingatan, pemikiran dan proses kognitif lainnya
-          Konstruktivis Kognitif menekankan pada kontruksi kognitif terhadap pengetahuan dan pemahaman
-          Konstruktivis sosial fokus pada kolaborasi dengan orang lain untuk menghasilkan pengetahuan dan pemahaman.

0 komentar:

Posting Komentar